Breaking News

Saturday, September 30, 2017

Pesan Tiket Kereta Api dan Beberapa Aturan untuk Melakukan Perubahan Jadwal

Menggunakan kereta api menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk bisa pergi ke tempat tertentu terutama ke tempat yang cukup jauh karena dirasa lebih cepat dan lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan bis. Jika hendak berpergian jauh, maka Anda harus pesan tiket kereta api terlebih dahulu di website resmi KAI atau lewat toko online terpercaya yang memiliki fitur untuk pemesanan tiket kereta.

Pesan Tiket Kereta Api
Akan tetapi, tidak sedikit yang melakukan kesalahan saat pemesanan misalnya salah dalam menulis nama, nomor KTP ataupun karena salah tanggal keberangkatan bahkan ada yang kemudian tidak bisa berangkat sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Namun, apakah bisa membatalkan tiket keberangkatan yang sudah dipesan tersebut? Jawabannya bisa. Anda harus melalui prosedur terlebih dahulu untuk melakukan pembatalan tiket kereta yang sudah Anda beli sebelumnya.

Sebelum melalui prosedur pembatalan tiket tersebut, Anda harus tahu lebih dahulu apakah nama Anda yang salah atau karena ingin mengalihkan ke nama orang lain. Jika hanya terdapat kesalahan penulisan nama yang tidak sama seperti di KTP misalnya terjadi typo, Anda masih bisa untuk mengubah nama identitas tersebut maksimal 2 jam sebelum jadwal keberangkatan Anda. caranya adalah dengan datang ke loket atau ke stasiun dan menunjukkan KTP atau kartu identitas yang masih berlaku. Namun, jika Anda hendak mengalihkan tiket tersebut ke orang lain, maka Anda harus membatalkannya lebih dahulu dan membayar biaya 25% dari biaya tiket tersebut.

Sebelum refund atau cancel setelah pesan tiket kereta api, ada beberapa aturan dan ketentuan baik untuk pembatalan ataupun perubahan jadwal, yaitu:

• Pembatalan dilakukan di stasiun online dan dilakukan maksimal 30 menit sebelum berangkat sesuai dengan jadwal tiket.
• Jika pembatalan kurang dari 30 menit sebelum berangkat, maka tiket hangus dan tidak ada pengembalian bea.

• Pengembalian bea bisa secara tunai atau transfer dalam jangka waktu 30-45 hari setelah pembatalan.

• Bea admin sebesar 25% dari harga tiket.

• Harus mengisi form pembatalan dan melampirkan tiket yang dibatalkan dan fotokopi kartu identitas sesuai nama yang tercetak di tiket tersebut.

• Form pembatalan ada 2 rangkap, yang pertama untuk KAI dan kedua untuk pemohon sebagai bukti untuk pengembalian bea pembatalan secara tunai.

• Jika pembatalan karena kesalahan teknik dari KAI misalnya kereta dibatalkan, bea dikembalikan secara penuh.


Dari peraturan dan ketentuan tersebut, pastikan jika Anda datang ke stasiun lebih cepat. Tidak hanya untuk menghindari antrian namun juga untuk mengecek apakah ada kesalahan atau tidak. Jika ternyata Anda tidak bisa berangkat, pembatalan jangan kurang dari 30 menit sebelum keberangkatan. Apabila hal tersebut Anda lakukan maka tiket Anda bisa hangus dan Anda tidak bisa mendapatkan bea pengembalian.

Jika Anda pesan tiket kereta api di KAI dan dibatalkan maka Anda harus datang sendiri ke stasiun. Namun jika Anda pesan tiket kereta tersebut di toko online, biasanya pembatalan dilakukan lewat online shop tersebut. Saat pembatalan atau perubahan jadwal, Anda harus menunjukkan kartu identitas atau jika Anda mewakilkan Anda bisa menggunakan permohonan pembatalan yang dilampiri dengan surat kuasa bermaterai dari si pemilik tiket dan harus menunjukkan identitas asli dari pemilik tiket tersebut. Walaupun pembatalan tiket bisa dilakukan di stasiun yang dilengkapi atau memungkinkan untuk pembelian tiket secara online, beberapa kasus hanya bisa melakukan pembatalan di stasiun besar.

No comments:

Post a Comment

Designed By finansha Support By KontraktorFutsalIndonesia